Gak Perlu Modal Banyak, Ini Tips Dress Well di Dunia Kerja

AdaKami.id - TemanKami pasti sering melihat persyaratan untuk berpenampilan menarik saat mencari pekerjaan. Tidak jarang, memiliki penampilan menarik diartikan sebagai ‘memiliki tubuh yang ideal’ dan ‘wajah yang cantik’. 

Penampilan menarik bukan berarti hanya bisa diterapkan oleh orang-orang yang memiliki tubuh ideal, lho! Meskipun tidak memiliki tubuh yang ideal, kamu tetap bisa berpenampilan menarik dengan menerapkan prinsip dress well.

Penampilan mencerminkan bagaimana kamu akan membawa dirimu di depan orang lain. Dalam dunia kerja, cara berpakaian bukan hanya soal gaya, tetapi juga menjadi bagian penting dari citra diri dan komunikasi non-verbal. Dress well atau berpakaian dengan baik bukan berarti harus mahal, tetapi cukup dengan rapi, sopan, serta sesuai konteks pekerjaan. Mengapa hal ini menjadi penting dalam dunia kerja? Simak artikel ini sampai selesai untuk cari tahu jawabannya, TemanKami!

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pakaian yang tepat bisa membuat seseorang merasa lebih nyaman dan percaya diri, TemanKami. Ketika kamu tahu bahwa penampilanmu rapi dan sesuai, kamu akan lebih siap menghadapi rekan kerja, klien, maupun atasan.

2. Membentuk Citra Profesional

Dress well menunjukkan bahwa kamu menghargai pekerjaan dan lingkungan profesional. TemanKami, penampilan yang terawat memberi kesan bahwa kamu adalah pribadi yang disiplin, detail, dan dapat dipercaya.

3. Membantu Meningkatkan Kredibilitas

Dalam dunia kerja, kesan pertama bisa membentuk cara orang lain memandang dirimu, lho, TemanKami. Dengan begitu, berpakaian dengan baik saat meeting, wawancara, atau presentasi bisa meningkatkan kredibilitasmu di mata orang lain, bahkan sebelum kamu mulai berbicara.

4. Menyesuaikan Diri dengan Budaya Perusahaan

Setiap kantor punya budaya dan standar berpakaian yang berbeda. Dress well berarti kamu bisa menyesuaikan diri, baik dengan dress code formal, semi-formal, maupun smart casual tanpa kehilangan gayamu sendiri. Ketika kamu menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dengan tetap menjadi diri sendiri, kamu akan lebih mudah merasa diterima dan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaanmu, TemanKami. 

5. Memberi Pengaruh Positif pada Lingkungan Sekitar

Penampilan yang baik tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga memberikan energi positif ke orang lain juga, TemanKami. Rekan kerja bisa merasa lebih termotivasi dan profesional ketika berada di lingkungan kerja yang menghargai penampilan. Untuk itu, yuk, mulai memberikan energi positif untuk diri sendiri dan orang lain mulai dari caramu berpakaian!

TemanKami, ketika kamu merasa belum menemukan gayamu sendiri atau merasa tidak punya modal membeli baju baru untuk bekerja, tenang! Bagi TemanKami yang bingung untuk memulai berpakaian yang baik, kamu bisa ikuti tips-tipis di bawah ini!

1. Kenali Dress Code Perusahaan

Seperti yang tertulis pada poin nomor empat di atas, menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan adalah hal yang perlu kita lakukan di dunia kerja. Untuk itu, cobalah observasi di sekitarmu! Apakah gaya pakaian rekan kerjamu formal, semi-formal, atau smart casual? Ketika kamu sudah menemukannya, cobalah sesuaikan dengan konteks pekerjaan dan gayamu sendiri. Misalnya, kamu perlu menghadiri acara formal untuk bertemu dengan klien penting. Kamu bisa menyesuaikannya dengan memakai batik atau setelan formal lainnya. Lalu, kenakan gaya tertentu yang sesuai kepribadianmu. Tidak perlu membeli baju baru, kamu bisa memanfaatkan berbagai fashion item yang ada di lemari pakaianmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan aksesoris, perpaduan warna, atau pilihan sepatu.

2. Utamakan Kebersihan dan Kerapian

Mulai dress well atau berpakaian rapi tidak melulu tentang baju yang bermerek atau mahal. TemanKami hanya perlu memastikan bahwa pakaian yang dipakai adalah pakaian yang bersih, rapi, dan sopan. Pakaian yang bersih, rapi, dan sopan adalah kunci berpenampilan yang sederhana, tetapi penting untuk selalu dijaga. Untuk meningkatkan rasa percaya diri atas penampilanmu, kamu juga bisa menambahkan wangi-wangian dari parfum atau body mist yang kamu miliki. Apabila kamu punya lebih banyak waktu, kamu juga bisa menambahkan parfum pakaian saat menyetrika sebelum mengenakannya.

3. Hindari Aksesoris yang Terlalu Mencolok

TemanKami bisa mempercantik penampilanmu dengan memakai aksesoris. Namun, hindari memakai aksesoris yang terlalu mencolok, ya. Hal ini bisa menjadi langkah penting dalam menjaga penampilan tetap profesional, terutama di lingkungan kerja. Aksesoris yang berlebihan atau terlalu mencuri perhatian dapat mengalihkan fokus orang lain dari pesan atau kinerja yang ingin disampaikan. Sebaliknya, memilih aksesoris yang simpel, tetapi elegan justru dapat mendukung penampilan agar terlihat lebih rapi, percaya diri, dan berkelas. Tak perlu membeli aksesoris yang mahal, kamu juga bisa membuat aksesoris sendiri, lho, untuk menyesuaikan gayamu! Selain bisa menyesuaikan gaya dengan lebih bebas, kamu juga bisa lebih mengekspresikan diri. TemanKami, keseimbangan dalam berpenampilan menunjukkan bahwa seseorang memiliki rasa hormat terhadap situasi dan audiens yang dihadapi sekaligus mencerminkan kedewasaan dan selera yang baik.

4. Pilih Outfit yang Nyaman dan Tetap Profesional

Berpakaian yang baik bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan ya, TemanKami! Kamu bisa memilih outfit yang nyaman dan tetap dress well. Ingat, kunci dress well itu sederhana, yakni bersih, rapi, dan sopan. Namun, kamu juga perlu memikirkan kenyamanan diri sendiri. Kamu tidak perlu membeli pakaian baru yang lebih nyaman, TemanKami bisa memadukan baju yang sudah kamu punya. Apabila kamu mengenakan pakaian yang tidak membuatmu nyaman, hal ini akan mempengaruhi suasana hati dan caramu berperilaku sepanjang hari. Tanpa disadari, rasa tidak nyaman itu bisa tercermin dalam cara orang memandangmu juga. Jadi, pastikan kenyamanan dengan tetap profesional, ya, TemanKami!

Berpakaian dengan baik adalah bagian dari etika kerja yang sering kali dianggap sepele, padahal memiliki dampak besar dalam dunia profesional. Dress well bukan soal mengikuti tren atau tampil mewah, melainkan tentang bagaimana kamu menghargai dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Namun, TemanKami juga perlu ingat untuk merawat diri, ya. Apabila kamu merasa tidak baik-baik saja, hal ini juga akan mempengaruhi kinerjamu. Bagi TemanKami yang masih bingung mulai dari mana untuk merawat diri, kamu bisa simak artikel lainnya di sini ya!