backgroundbackground
Alur Sarana Pengaduan
Perusahaan telah menerapkan beberapa langkah untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen AdaKami. Untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen aplikasi AdaKami, kami menyediakan sarana pengaduan melalui berbagai saluran komunikasi yaitu Customer Service AdaKami
Sarana Pengaduan
text
Call Center : 1500077
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami melalui jalur telepon dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui nomor 1500077. Call Center AdaKami dapat dihubungi di hari Senin - Minggu pukul 8.00 - 20.00 WIB.
text
Email AdaKami : tanya@adakami-cs.id
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui alamat email tanya@adakami-cs.id di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
text
Livechat : melalui aplikasi AdaKami
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dan singkat dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui layanan chat pada aplikasi AdaKami di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
Selain media tersebut di atas, Perusahaan kami juga menyediakan sarana pengaduan melalui media sosial seperti Instagram resmi AdaKami yakni @adakami.id.
Alur Pengaduan
Penerimaan Pengaduan
Konsumen menyampaikan pengaduan melalui:
call centerCall Center
call centerEmail
call centerLive Chat
call centerSocial Media
call centerMass Media
call centerOJK
call centerAFPI
Eskalasi Pengaduan
A
Petugas Customer Service menerima pengaduan, mencatat pengaduan ke dalam sistem, membuat tiket pengaduan, kemudian melakukan eskalasi ke Complaint Specialist.
B
Complaint Spesialist melakukan eskalasi ke departmen terkait untuk proses penyelesaian pengaduan konsumen.
C
Proses investigasi dan penyelesaian atas pengaduan konsumen oleh departemen terkait sesuai dengan SLA penaganan pengaduan konsumen.
D
Feedback hasil investigasi dan pengananan pengaduan dikirimkan kembali kepada Complaint Spesialist untuk kemudian disampaikan kepada Petugas Customer Service.
Penyelesaian Pengaduan
Petugas Customer Service menyampaikan informasi kepada konsumen melalui email terkait hasil penyelesaian pengaduan.
Pemantauan Monitoring
Internal:
  1. Laporan bulanan kepada Management
  2. Reminder proses kepada Department terkait
Eksternal:
Laporan kepada OJK per 3 bulan
Jumlah Pengajuan
Selama tahun 2022, Perusahaan menerima pengaduan sebanyak 7578 pengaduan dan telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini adalah data penanganan pengaduan konsumen oleh Perusahaan di tahun 2022, yang termasuk pada jenis transaksi peminjaman dengan pembayaran secara angsuran.
Kategori PermasalahanJumlah PengaduanJumlah SelesaiJumlah Tidak SelesaiJumlah Dalam Proses
Pembayaran2198219800
Penipuan/Fraud39139100
Penagihan Tidak Beretika1042104200
Keringanan2444244400
Perubahan Nomor Ponsel1087108700
Aplikasi41641600
Total Pengaduan7578757800