KEBIJAKAN PRIVASI ADAKAMI

PT Pembiayaan Digital Indonesia, perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia (“AdaKami”), melindungi semua data yang dipercayakan kepada kami.

Sebelum melanjutkan, harap baca dengan cermat isi Kebijakan Privasi ini dan tinjau Kebijakan Privasi ini secara berkala karena kami dapat memperbaruinya sewaktu-waktu dikemudian hari.

Di AdaKami, kami menghormati dan berusaha untuk memastikan bahwa data pribadi Anda terlindungi secara memadai. Kebijakan Privasi ini menguraikan bagaimana AdaKami mengumpulkan, menggunakan, mengelola, mentransfer, membagikan, menyimpan, dan mengungkapkan data pribadi Anda sehubungan dengan layanan yang diberikan AdaKami kepada Anda. Demikian juga, ini menerangkan bagaimana AdaKami melindungi data pribadi Anda. Oleh karena itu kami akan menggunakan informasi yang telah Anda ungkapkan kepada kami hanya dengan cara dan untuk tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini. Kami hanya akan mengumpulkan informasi pribadi Anda jika diperlukan dan relevan dengan layanan kami karena Anda menggunakan Aplikasi AdaKami.

Keamanan data pribadi Anda penting bagi kami dan kami akan mempertahankan langkah-langkah fisik, teknis, dan organisasional yang sesuai yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda. Kami hanya akan menyimpan informasi Anda selama kami diizinkan oleh undang-undang atau selama relevan untuk tujuan pengumpulannya.

AdaKami berkomitmen untuk mematuhi Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (“UU PDP”), serta peraturan dan ketentuan pelaksanaannya.

  1. Pengumpulan Data Pribadi
  2. Saat Anda membuat akun AdaKami melalui aplikasi atau situs web AdaKami, atau mengakses Aplikasi AdaKami melalui GooglePlay, Appstore Apple, atau platform pengunduhan lainnya (“Platform”), Anda mungkin diminta untuk menyediakan atau memberikan informasi, dari waktu ke waktu, termasuk tetapi tidak terbatas pada, informasi untuk menetapkan identitas Anda (nama), latar belakang, alamat, foto (baik melalui akses kamera atau dengan mengakses file Anda), nomor kontak dan ponsel, alamat email, alamat IP, sistem operasi, jenis browser, detail kontak, data keuangan, informasi kelayakan kredit, data kontak (nama, alamat email, dan nomor kontak dari kontak Anda dan nomor kontak Anda), rekaman mikrofon/audio, data perangkat seluler (SIM, IMEI, atau pengidentifikasi perangkat lainnya, jenis perangkat, sistem operasi perangkat, pengaturan perangkat, informasi akun GooglePlay, Appstore Apple atau platform pengunduhan lainnya, penyedia jaringan seluler, spesifikasi perangkat), penggunaan aplikasi data seluler (volume lalu lintas, penggunaan aplikasi seluler) dan data penggunaan telekomunikasi serta informasi dan data lain yang Anda berikan sehubungan dengan penggunaan, akses, atau ketersediaan produk dan/atau layanan kami (“Data Pribadi”).

    Kami dapat mengumpulkan dan memperoleh Data Pribadi ini dari Anda sendiri melalui cara manual atau otomatis atau dari berbagai sumber, termasuk namun tidak terbatas pada penyerahan Data Pribadi Anda; dari analisis apa pun tentang cara Anda menggunakan dan mengelola akun/fasilitas Anda dengan kami; dari sumber atau pendaftar yang tersedia untuk umum; dari otoritas pemerintah, regulator dan/atau lembaga penegak hukum; dari pihak ketiga atau sumber lainnya; dan/atau dari informasi apa pun yang diberikan dan/atau dikumpulkan saat Anda mengunjungi situs web kami yang menyertakan alamat IP perangkat seluler atau komputer Anda atau dari informasi apa pun yang dikumpulkan melalui cookie di beberapa situs web kami. Selama hal yang dikumpulkan tersebut telah Anda berikan persetujuan untuk mengungkapkan Data Pribadi dan/atau jika tidak dibatasi;

  3. Tujuan Pengumpulan Data Pribadi
  4. Data Pribadi Anda akan digunakan untuk pendaftaran, persetujuan pinjaman, manajemen risiko, pencegahan penipuan, dan tujuan serupa lainnya sebagaimana diatur dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini yang akan membantu kami dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada Anda. Sebagai ilustrasi, alamat IP Anda dapat digunakan untuk tujuan anti-penipuan. Atau tujuan lain sebagaimana diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.

    Kami akan sesekali meminta Data Pribadi tambahan setelah pembuatan akun Anda. Pengajuan Anda atas informasi apa pun kepada kami, agen resmi kami, atau Platform secara tegas berisi jaminan Anda bahwa informasi tersebut akurat dan tidak menyesatkan.

    Jika Anda mendaftar untuk AdaKami menggunakan akun media sosial Anda, menautkan akun AdaKami Anda ke salah satu akun media sosial Anda, atau menggunakan fitur media sosial AdaKami tertentu lainnya yang tersedia, kami dapat mengakses informasi tentang Anda di bawah penyedia media sosial Anda sesuai dengan penyedia kebijakan. Namun, kami akan untuk mengelola dan menggunakan informasi yang kami akses dari akun media sosial Anda hanya untuk tujuan yang dinyatakan dan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

    Jika kami perlu mengumpulkan Data Pribadi berdasarkan undang-undang, atau berdasarkan ketentuan kontrak yang kami miliki dengan Anda, Syarat & Ketentuan, dan Anda memilih untuk tidak memberikan Informasi Pribadi tersebut atau memberikan Data Pribadi yang tidak lengkap kepada kami saat diminta, kami mungkin tidak mampu melakukan layanan yang kami miliki.

  5. Penggunaan Data Pribadi
  6. Selama Anda menggunakan layanan kami, kami dapat, melalui cara manual atau otomatis, menggunakan, memproses dan/atau mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi, perusahaan afiliasi, dan mitra pihak ketiga AdaKami untuk salah satu tujuan berikut (“Tujuan yang Diizinkan” ):

    1. untuk mengautentikasi identitas Andato authenticate your identity;
    2. untuk menilai dan memproses aplikasi Anda untuk produk dan/atau layanan kami
    3. untuk berkomunikasi dengan Anda termasuk tetapi tidak terbatas pada mengirimkan pembaruan dan pengingat kepada Anda, menjawab pertanyaan dan/atau keluhan Anda dan menyelesaikan perselisihan
    4. untuk mengelola dan memelihara akun/fasilitas Anda bersama kami
    5. untuk melakukan pemeriksaan dan penilaian kredit untuk menilai atau memverifikasi kelayakan kredit/keuangan Anda dan untuk membantu lembaga keuangan lainnya untuk melakukan pemeriksaan kredit
    6. untuk mengevaluasi kebutuhan finansial Anda
    7. untuk membuat dan memfasilitasi keputusan kredit berdasarkan kelayakan Anda untuk produk dan layanan kami
    8. untuk memanfaatkan terkait aliansi strategis, penjualan silang, pemasaran, dan promosi
    9. untuk mempertahankan riwayat kredit Anda untuk referensi saat ini dan di masa mendatang
    10. untuk mendeteksi dan menyelidiki kejahatan, penipuan, atau kegiatan ilegal, mengungkapkan hal yang sama untuk penyelidikan, pencegahan, penuntutan, dan kepatuhan terhadap sanksi, termasuk, penyaringan know-your-customer (KYC) dan orang yang terpapar secara politik (PEP) sesuai dengan Undang-Undang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Teroris;
    11. untuk menanggapi persyaratan proses hukum perdata atau pidana dan/atau untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan dan/atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku
    12. untuk menagih hutang yang jatuh tempo atau terutang dan untuk menyelesaikan kewajiban Anda kepada kami
    13. untuk riset pasar dan analisis statistik serta survei dengan tujuan meningkatkan produk dan layanan serta pengembangan produk kami
    14. untuk memberi Anda informasi tentang produk dan layanan kami dan pihak ketiga yang mungkin menarik bagi Anda
    15. untuk memverifikasi keakuratan catatan yang disimpan oleh kami dan/atau untuk kami oleh pihak ketiga
    16. untuk penelitian, desain, dan peningkatan produk dan layanan, operasional, dan proses bisnis kami
    17. untuk mendukung bisnis, pemantauan keuangan dan risiko, perencanaan, dan pengambilan keputusan kami
    18. untuk menangani keluhan dan pertanyaan
    19. untuk menggunakan dan mengungkapkan hal yang sama untuk audit, kepatuhan dan manajemen risiko
    20. untuk mengalihkan hak dan kewajiban kami berdasarkan syarat dan ketentuan yang mengatur antara kami dan Anda sendiri
    21. untuk alasan keamanan
    22. untuk mentransfer Data Pribadi Anda ke yurisdiksi asing untuk tujuan pemrosesan dan penyimpanan dan untuk memungkinkan setiap transaksi lintas batas, untuk pelaksanaan kontrak, untuk tujuan proses hukum, atas permintaan tertulis dari otoritas atau badan pengatur atau pemerintah asing , untuk melindungi kepentingan vital Anda atau di tempat yang merupakan kepentingan umum untuk melakukannya
    23. untuk pemberian pinjaman dan mengumpulkan pembayaran kembali
    24. untuk menganalisis data biometrik voiceprint untuk tujuan verifikasi identitas
    25. untuk melakukan analitik data dan pembuatan profil data; dan/atau
    26. untuk tujuan lain apa pun yang diwajibkan atau diizinkan oleh hukum, peraturan, perintah, dan/atau pedoman lainnya
    27. untuk melatih model dan algoritme kecerdasan buatan atau pembelajaran mesin sehubungan dengan pengembangan, peningkatan, atau penyediaan layanan dan produk yang ditawarkan oleh kami atau pihak ketiga lainnya;
    28. untuk mengembangkan, meningkatkan atau menyediakan layanan dan produk yang digunakan untuk identifikasi pengguna, verifikasi, penilaian kredit dan/atau profil risiko yang ditawarkan atau akan ditawarkan oleh Kami atau pihak ketiga lainnya.

    Kami juga menggunakan cookie untuk sejumlah tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada, menyimpan preferensi Anda untuk jenis informasi atau produk tertentu, untuk analisis lebih lanjut guna menyediakan produk dan layanan kepada Anda, untuk meningkatkan produk kami dan/atau mempersonalisasi layanan kami kepada Anda. Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada browser dan/atau perangkat seluler Anda sehingga Anda akan diberi tahu saat menerima cookie atau alat pelacak serupa lainnya. Silakan lihat dokumentasi browser Anda untuk memeriksa apakah alat pelacak telah diaktifkan di komputer dan/atau perangkat seluler Anda atau untuk menonaktifkan cookie

  7. Pengungkapan Data Pribadi
  8. Data Pribadi Anda yang kami pegang akan dijaga kerahasiaannya setiap saat. Namun, untuk memberi Anda produk dan layanan yang efektif dan berkelanjutan yang tunduk pada undang-undang dan peraturan apa pun dan untuk Tujuan yang Diizinkan, Anda secara tegas menyetujui kami menyediakan, mengungkapkan, atau memproses Data Pribadi Anda, sehubungan dengan produk dan layanan kami, kepada pihak-pihak berikut, di dalam dan/atau di luar Indonesia:

    1. Agen AdaKami, Perusahaan Afiliasi, anak perusahaan, afiliasi dan rekanan
    2. penasihat profesional, kontraktor, penyedia layanan, agen penagihan, dan agen kami lainnya yang memiliki perjanjian kontrak dengan kami untuk beberapa fungsi dan layanan kami
    3. biro kredit nasional dan lokal, lembaga pelaporan kredit, lembaga referensi kredit, lembaga pemeringkat (seperti Perusahaan Informasi Kredit), perusahaan asuransi dan/atau pialang asuransi
    4. penyedia layanan keuangan sehubungan dengan produk dan layanan yang Anda miliki bersama kami
    5. peserta aktual atau potensial atau penerima pengalihan atau penerima pengalihan hak dan/atau kewajiban kami berdasarkan transaksi apa pun antara kami dan Anda
    6. setiap penjamin atau penyedia jaminan untuk produk dan/atau layanan yang kami berikan kepada Anda
    7. otoritas atau regulator mana pun, termasuk regulator asing untuk menjalankan fungsinya, atau pihak mana pun sebagaimana diwajibkan oleh hukum mana pun atau pemerintah, administratif, pengadilan, atau mahkama mana pun
    8. jika diwajibkan atau diizinkan oleh Hukum yang Berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan, penyelidikan atau arahan peraturan, atau mematuhi persyaratan pengarsipan, pelaporan, dan perizinan menurut undang-undang atau peraturan), untuk tujuan yang ditentukan dalam Hukum Yang Berlaku tersebut;
    9. di mana ada segala bentuk proses hukum antara Anda dan AdaKami, atau antara Anda dan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan, untuk tujuan proses hukum tersebut;
    10. mitra strategis/bisnis yang memiliki hubungan dengan kami untuk produk dan layanan tertentu
    11. agen penagihan pihak ketiga
    12. siapa pun yang terkait dengan penegakan salah satu atau seluruh hak kami berdasarkan perjanjian Anda dengan kami; dan/atau
    13. pihak mana pun yang diizinkan dan/atau disetujui oleh Anda
  9. Perubahan pada Data Pribadi
  10. Anda diharuskan untuk selalu memperbarui Data Pribadi yang diberikan kepada AdaKami, dan memberi tahu kami tentang perubahannya. Anda berhak meninjau Data Pribadi yang telah kami kumpulkan tentang Anda dan mengajukan koreksi. Anda berhak memperbarui Data Pribadi Anda kapan saja. Jika ada perubahan pada Data Pribadi Anda atau jika Anda yakin bahwa Data Pribadi yang kami miliki tentang Anda tidak akurat, tidak lengkap, menyesatkan atau tidak mutakhir, mohon kirimkan surat kepada kami atau email permintaan Anda ke Layanan Pelanggan kami (“CS ”) melalui email tanya@adakami-cs.id. Dengan format nama Anda dan ID yang valid, nomor seluler, rincian permintaan Anda, beserta dokumen pendukungnya. Kami akan memperbaiki atau memperbaharui informasi/data tersebut sesegera mungkin. Untuk menghindari keraguan, CS berhak meminta informasi atau dokumen dari Anda untuk memverifikasi identitas Anda dan keaslian permintaan yang dibuat dan informasi lain yang berkaitan dengan koreksi yang diminta.

  11. Penarikan Persetujuan
  12. Anda dapat menyampaikan keberatan Anda atas penggunaan, pengumpulan, dan/atau tindakan pemrosesan Data Pribadi Anda yang berkelanjutan oleh kami untuk tujuan apa pun yang sah dan dengan cara sebagaimana dinyatakan kapan saja dengan menghubungi kami di alamat email kami. Ini akan menjadi mekanisme Anda untuk menghentikan atau mengizinkan izin yang sebelumnya diberikan kepada kami

    Harap perhatikan bahwa jika Anda menyampaikan keberatan Anda terhadap pemrosesan Data Pribadi tertentu, tergantung pada sifat dan subjek keberatan Anda, hal yang sama dapat memengaruhi garis waktu aplikasi Anda dan/atau analisis kami tentang kelayakan kredit Anda. Hak hukum dan upaya hukum kami secara tegas dilindungi undang-undang dalam peristiwa tersebut

  13. Penghapusan Data Pribadi
  14. Atas instruksi Pengguna pada Aplikasi AdaKami dengan menekan opsi Penghapusan Akun, dalam hal ini data dan informasi pengguna termasuk akun pengguna pada Aplikasi AdaKami akan dihapus dalam waktu 4 hari setelah instruksi diterima oleh AdaKami.

    Kami akan menyimpan Data Pribadi, pendaftaran, dan catatan transaksi Anda dengan penyedia penyimpanan data pihak ketiga selama jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi tujuan yang diuraikan atau hingga lima (5) tahun sesuai dengan hukum dan peraturan; untuk pendirian, pelaksanaan atau pembelaan tuntutan hukum; atau untuk tujuan bisnis yang sah, yang harus konsisten dengan standar yang diikuti oleh industri yang berlaku

    Data Pribadi Anda akan dimusnahkan dalam bentuk yang tidak dapat diperoleh kembali dan tidak dapat digunakan sesuai dengan langkah-langkah keamanan informasi fisik dan/atau teknis kami ketika penyimpanan tidak lagi diizinkan atau diperlukan. Hal yang sama akan dibuang atau dibuang dengan cara yang aman yang akan mencegah pemrosesan lebih lanjut, akses tidak sah, atau pengungkapan kepada pihak lain atau publik, atau merugikan kepentingan subjek data

    Kami berhak untuk mengambil tindakan yang diperlukan jika kami menganggap bahwa penghapusan atau penghentian tersebut akan menghambat pemenuhan kewajiban kami berdasarkan undang-undang yang berlaku

    Kami akan menangguhkan, menarik, atau memerintahkan pemblokiran, penghapusan, atau penghancuran Data Pribadi Anda dari sistem kami jika kami mengetahui atau secara wajar mencurigai bahwa Data Pribadi tersebut tidak lengkap, kedaluwarsa, palsu, diperoleh secara tidak sah; digunakan untuk tujuan yang tidak sah; tidak lagi diperlukan untuk tujuan pengumpulannya; atau Anda menarik persetujuan atau menolak pemrosesan tersebut, dan tidak ada dasar hukum lain atau mengesampingkan kepentingan sah untuk pemrosesan tersebut

  15. Keamanan
  16. Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk melindungi data pribadi yang kami miliki atau kendalikan dengan membuat pengaturan keamanan fisik, teknis, dan organisasi yang wajar untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda. Langkah-langkah keamanan akan diterapkan dan Data Pribadi akan diproses sesuai dengan undang-undang perlindungan data saat ini dan Kebijakan ini.

  17. Portabilitas
  18. Anda berhak untuk menerima Data Pribadi Anda yang telah Anda berikan kepada kami dalam format yang terstruktur, umum digunakan dan dapat dibaca oleh mesin dan Anda berhak untuk meminta agar kami mentransfer Data Pribadi tersebut ke pihak lain.

    Jika Anda ingin kami mentransfer Data Pribadi ke pihak lain, kami hanya dapat melakukannya jika memungkinkan secara teknis. Kami tidak bertanggung jawab atas keamanan Data Pribadi atau pengolahannya setelah diterima oleh pihak ketiga. Kami berhak untuk menolak transfer jika transfer tersebut akan mengganggu hak orang lain (misalnya jika memberikan Data Pribadi yang kami miliki tentang Anda akan mengungkapkan informasi tentang orang lain).

  19. Pembuatan profil
  20. Anda dengan ini diberitahu dan secara eksplisit memberikan persetujuan kepada kami untuk mengakses dan memproses Data Pribadi Anda melalui pemrosesan dan pengambilan keputusan secara manual atau otomatis sebagai dasar tunggal atau sebagian, untuk tujuan menilai kelayakan kredit Anda, atau untuk kepatuhan terhadap hukum, peraturan, persyaratan, perjanjian, atau kebijakan pemerintah sehubungan dengan pemberantasan pencucian uang, pendanaan terorisme, penipuan, penilaian risiko, dan pelanggaran lainnya, atau sebagaimana diwajibkan oleh atau untuk tujuan pengadilan, proses hukum, pemeriksaan, penyelidikan, audit, atau investigasi dari Otoritas mana pun. Aktivitas atau akun pengguna yang ditentukan oleh sistem kami yang menimbulkan risiko dapat ditangguhkan atau ditolak.

    jika aplikasi pinjaman Anda telah ditolak atau akun telah ditangguhkan Anda dapat meminta peninjauan kembali keputusan tersebut dengan menghubungi kami di tanya@adakami-cs.id. Anda juga dapat menolak pemrosesan otomatis data pribadi Anda, tetapi melakukan hal itu akan mencegah kami menyediakan layanan kami untuk Anda.

  21. Hak Anda Sebagai subjek data
  22. Anda mungkin memiliki hak tertentu berdasarkan Hukum yang Berlaku untuk meminta AdaKami untuk mengakses, mengoreksi, dan/atau menghapus Data Pribadi Anda yang kami miliki dan kendalikan. Sejauh hak ini tersedia untuk Anda berdasarkan Hukum yang Berlaku, Anda dapat menggunakan hak berikut sebagai subjek data dengan menghubungi kami:

    1. Anda memiliki hak untuk menunjukkan penolakan atau penarikan persetujuan Anda atas pengumpulan dan pemrosesan data pribadi Anda. Anda juga berhak untuk diberi tahu dan tidak memberikan persetujuan Anda untuk diproses lebih lanjut jika ada perubahan atau amandemen atas informasi yang diberikan kepada Anda. Setelah Anda memberi tahu kami tentang penolakan persetujuan Anda, pemrosesan lebih lanjut atas data pribadi Anda tidak akan lagi dilakukan, kecuali pemrosesan diperlukan sesuai dengan panggilan pengadilan, perintah yang sah, atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum
    2. Anda berhak atas akses yang wajar ke data pribadi Anda. Selanjutnya, Anda memiliki hak untuk membatasi dan mencegah pengungkapan data pribadi Anda dan menerima pemberitahuan tentang kemungkinan pelanggaran data pribadi Anda
    3. Anda juga dapat mengoreksi atau menghapus informasi apa pun yang menurut Anda tidak akurat. Anda memiliki hak untuk membantah ketidakakuratan atau kesalahan dalam data pribadi Anda. Anda dapat meminta koreksi atau penghapusan ketidakakuratan atau kesalahan dalam data pribadi Anda dengan masuk ke akun Anda atau mengajukan permintaan resmi kepada Petugas cudtomer service kami
    4. Anda berhak atas penghancuran data pribadi Anda; dan
    5. Anda memiliki hak untuk mengajukan keluhan

    Hak-hak yang tercantum di atas ini bukan daftar eksklusifnya. Harap diperhatikan bahwa hak yang disebutkan dan kata-katanya bukan merupakan salinan persis dari yang ditunjukkan dalam UU PDP. Harap periksa Pasal 5, 6 hingga 16, Bagian 16 UU PDP untuk mengetahui daftar dan hak persis yang mungkin Anda miliki sebagai subjek data. Semua hak yang disebutkan dalam undang-undang tersebut secara inheren dimasukkan ke dalam Kebijakan Privasi ini dan dapat Anda gunakan secara bebas.

    Sepanjang pemrosesan Data Pribadi Anda, hak Anda berdasarkan Pasal 5 UU PDP menyatakan bahwa subjek data pribadi berhak memperoleh informasi mengenai kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan meminta dan menggunakan data pribadi, dan tanggung jawab pihak yang meminta data pribadi, harus ditegakkan. Entitas yang kami bagikan data Anda juga akan menghormati hak yang sama.

    Jika Anda ingin mengajukan permintaan apa pun sehubungan dengan hak-hak Anda, silakan hubungi kami.

  23. Hak Anda berdasarkan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan
    1. Anda berhak untuk memiliki akses yang siap dan segera ke informasi kredit yang berkaitan dengannya dengan tunduk pada pembayaran biaya yang ditentukan
    2. Anda berhak untuk membantah informasi kredit yang salah, tidak lengkap atau menyesatkan
    3. Anda berhak atas proses penyelesaian sengketa yang disederhanakan untuk mempercepat penyelesaian/penyelesaian informasi kredit yang disengketakan
    4. Anda akan diberi tahu tentang koreksi atau penghapusan informasi yang salah, tidak lengkap, atau menyesatkan dalam waktu 5 hari kerja sejak verifikasi atau kesimpulan penyelidikan atau dari penghapusan informasi yang disengketakan, tergantung kasusnya.
    5. Anda akan diberi tahu oleh entitas pengirim tentang kewajiban yang terakhir untuk menyerahkan dan mengungkapkan data kredit dasar kepada AdaKami
    6. Anda berhak mengetahui penyebab penolakan permohonan fasilitas atau layanan kredit dari lembaga keuangan yang menggunakan data kredit sebagai dasar atau alasan penolakan tersebut
  24. Pertanyaan dan Keluhan
  25. Anda berhak untuk menolak setiap saat atas pemrosesan Data Pribadi Anda sejauh yang diizinkan berdasarkan hukum dan peraturan Indonesia, dan terhadap pemrosesan data pribadi Anda untuk Tujuan yang Diizinkan. Setiap pertanyaan, permintaan, kekhawatiran, keluhan, atau penggunaan hak Anda terkait penggunaan Data Pribadi Anda dapat diajukan ke:

    tanya@adakami-cs.id. AdaKami berkomitmen untuk menanggapi keluhan Anda dengan segera dan akan memberi Anda perkiraan jangka waktu kapan perusahaan akan menanggapi keluhan Anda.

  26. Perubahan pada Kebijakan Privasi
  27. Harap perhatikan bahwa kami dapat memperbarui Pemberitahuan Privasi ini dari waktu ke waktu melalui postingan di situs web kami. Anda disarankan untuk secara berkala melihat situs web kami untuk setiap pembaruan atau versi terbaru dari Pemberitahuan Privasi kami. Jika Kebijakan Privasi diperbarui, versi terbaru tersebut berlaku untuk semua informasi Anda yang disimpan dan diproses oleh AdaKami untuk selanjutnya. Jika Anda tidak menyetujui persyaratan yang diperbarui, Anda dapat menghubungi kami.

  28. Persetujuan dan Pengakuan
  29. Dengan menerima Kebijakan Privasi dan dengan memberikan Data Pribadi Anda kepada kami, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini, Anda menerima semua ketentuannya, Anda dengan ini menyetujui penggunaan, pemrosesan, dan/atau pengungkapan Data Pribadi Anda sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini kepada AdaKami, afiliasinya, anak perusahaannya.

Disclaimer

  1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  2. Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.
  3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.
  8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.
  9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut di atas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.